Friday, July 12, 2013

Edit video menggunkan Corel Video Studio Pro X4 untuk Pemula




Hello agan semua… makasih masih mau kunjung ke blog ane.
Kali ini ane gak bikin tutor Photoshop tapi karena ada permintaan untuk membuat tutor editing video yang mudah dipakai bagi pemula maka ane mencoba bikin tutor Video Editing.
Untuk aplikasi/software yang ane pakai adalah Corel Video Studio Pro X4 ( dulu namanya Ulead Video Studio ).
Tutor ini bisa diterapkan juga pada versi X12 dan X13 walau ada sedikit perbedaan di bagain Panel Folder Media nya.. Tapi kalo dasar-dasar oprasionalnya sama saja kok..
Untuk mendapatkan software ini silahkan Googling. Atau dapat mencari di server lokal indowebster.com dan lebih mudah lagi menggunkan torrent.. 
Oke, kita mulai..

  1. Tampilan dasar Corel Video Studio Pro X4
Panel Preview : untuk menampilkan media yang kita edit ( Video,Music,Title,Trans,Efek ..dll )
Media Folder : untuk membuat Folder tempat menyimpan berkas Media yg di edit
Panel Step : urutan langkah ( Step ) editing
Menu Tool : Menu
File Explorer : Tempat meletakkan file media yang di edit dalam suatu folder
Panel Option : Opsi / Properties dari sebuah media atau opsi suatu fasilitas editing
Timeline Track : Tempat meletakkan media yg sedang/akan di edit

Gbr.1
  1. Pastikan posisi kita saat ini pada Step “EDIT “ .Buatlah Folder baru bernama latihan.. Klik Add lalu ketik “Latihan”.

Gbr.2
  1. Sebelum kita lanjutkan,kita pahami dulu Media lainnya yang akan kita pakai dalam editing.
  • TRANSISION
Berisi animasi untuk membuat transisi antar video agar lebih menarik

Gbr.3
  • TITLE
Untuk membuat Title atau Judul atau Teks

Gbr.4
  • GRAPHIC
Berisi template warna background atau dpat kita tambahkan sendiri dengan gambar lain

Gbr.5
  • FILTER
Untuk membuat Efect pada suatu Video

Gbr.6
  1. Kita lanjutkan… Pastikan posisi kita berada pada panel Media ( 1) dan pada Folder Latihan (2), klik icon Import Media File (3), masukkan file video yang akan kita edit.. sebelum kita masukkan ke project, kita bisa melihat ( preview ) media yg kita pilih dengan cara klik play (4).


Gbr.7
  1. Setelah video kita import, kita dapat melakukan preview dengan cara, klik File Video (1) lalu klik Play (2).

Gbr. 8
  1. Mengimport Video ke Timeline. Klik lalu Drag Video yang kita pilih dan letakkan di Video track ( timeline ).

Gbr. 9
Untuk berpindah-pindah posisi ( timer ) kita dapat menggeser Timeline Slider, Klik tanda Slider ( Panah dibagian angka-angka penunjuk yang seperti penggaris) lalu geser ke kanan atau kiri.

Gbr. 9b
  1. Klik Panel Option sampai layar Opsi muncul. Pada Option ini kita bisa mengatur properti sebuah media ( video ) seperti : Volume,Color,Speed,Snapshoot ( memfoto suatu frame gambar ) dan lain-lain.

Gbr.10
  1. Membuat Transisi. Klik Menu Transision, lalu pilih salah satu tempale transisi dan Drag ke batas antara 2 video.

Gbr. 11
Untuk melihat hasil tansisi,coba perbesar timline dgn cara mengatur Zoom ( lihat lingkar yg kanan ), lalu geser slider Timeline ke posisi sebelum perbatasan antar 2 video, lalu klik tombol Play .
( Pada tombol play ada 2 pilihan yaitu Project dan Clip, Jika pd posisi “Project” maka video akan di play secara penuh beserta efek nya.. jik pd posisi “Clip” maka video akan diplay hanya pd video yg terpilih saja tanpa efek ).

Gbr. 12
  1. Membuat title. Geser Timline Slider pada posisi terserah agan..
Klik Menu Title lalu pilih salah satu template title yang agan pilih dan Drag ke Title Track di timeline.

Gbr.13

Gbr.14

Setelah di drag, lakukan ganti Textnya, dan lakukan perubahan pada menu Opsi di Panel option.

Gbr. 15

Untuk menambah durasi title agar lebih panjang, geserlah batas pinggir ( kiri atau kanan ) pada Track Title. Track ini juga bisa di geser-geser dgn cara Klik Tahan Tracknya dan geser ke posisi yang di inginkan.

Gbr. 16

Untuk merubah animasi title, bisa dilakukan melalui opsi Atribute

Gbr. 17

Kita bisa juga membuat title secara manual ( Tanpa Template ), yaitu pada saat mengklik menu Title maka pada layar Preview muncul tulisan “Double-Click Here to add a title” , silahkan klik dobel pad alayar dan ketik teks yang kita inginkan, allu atur Atribute nya

Gbr.18
  1. Memasukkan Audio Music.
Agar video yang kita buat lebih menarik, kita tambahkan background music.. caranya Klik menu Media (1 ) lalu pilih Folder Music dan import lah musik yang kita inginkan ke dalam folder music. ( Caranya hampir sama dengan langkah 4 ).
Setelah Import musik, Lakukakn drag musik yg dipilih (2 ) ke Track music di Timeline (3).
Letakkan slider timeline pada ujung video (4) lalu klik icon Gunting / Cut (5).

Gbr. 19

Gbr. 20

Atur Properti Music sesuai yang kita inginkan..

Gbr. 21

  1. Merender Video
Setelah dirasa cukup editnya, selanjutnya kita Gabungkan seluruh hasil edit ini menjadi video yang utuh, proses ini disebut Rendering..
Klik Share pada menu Step, Lalu pilih menu Create Video file

Gbr. 22

Lalu pilihlah jenis video yang kita inginkan.. Dlam contoh ane pilih DVD-DVD Video (16:9)

Gbr.23

Beri nama file Video yang kan di render.

Gbr.24

Tunggu proses rendering sampai selesai..

Gbr. 25

Dan hasilnya..

Gbr. 26


Oke,,, kiranya sampai disini tutorial dari ini,insya allah dilanjut di tutor berikutnya..
Semoga bermanfaat…





17 comments:

TANDA SETIYA said...

terimakasih

Anonymous said...

gan..., terima kasih atas infonya... ane dah ngerti, tapi boleh sertakan juga link hasil video editan dari corel video studio? biar bayangannya jelas. trims again ;)

Aoem MantanDukun said...

contoh editan ane utk qualitas HD pake corel video X4.
http://www.youtube.com/watch?v=B0Us9ZvR9U4

Gilang Satria Dirgantara said...

Mantap

zulkarnain Izoel said...

Bermanfaat Sekali,Semakin Sukses Aja (Y)

Kawan Sejahtera said...

Gan ane ga bisa ngeimport pictures ada tulisan gt , kira2 karena apa ya gan?

Kawan Sejahtera said...

Gan ane ga bisa ngeimport pictures ada tulisan gt , kira2 karena apa ya gan?

Aoem MantanDukun said...

Kawan Sejahtera> muncul eror tulisannya apa ?
pastikan file gambar bentuk JPG,PNG atau BMP dengan ukuran 1024x768 px

Syaiful Huda said...

Thanks banget.. Tutoriallnya

Achmad Sudrajat said...

Bagus,, tapi kalo untuk pemula harus terus belajar biar dapet hasil yang maksimal

Tanya Fransisca said...

kok gue ga bisa masukin video ya? padahal format videonya MOV dari kamera

Magic PKC said...

Gimana downloadnya dan dapat crack ID app ya?
Kalau beli, kemana?

ghufron eko said...

Saya coba gabung pake yang corel video studio pro X8 kok file hasilnya gede banget ya? padahal sumbernya 288 MB hasilnya jadi 2,6 GB..

Supaya file hasil tidak besar gmn ya mas?

Raja Antrian said...

Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

Frimas Budiawan said...

mastah ane ko gabisa masukin vidio yg formatnta mp4 ya di x5?

Nafimedia said...

keren mas
Corel VideoStudio Ultimate X10 With Crack

Eka Tiia said...

Mau tanya gan, gue pakek yang prox4 di windows 10, laptop acer aspire ES1
Nah yg mau gue tanya kenapa ya, waktu gue mau ngedit video file dr video shooting sony pas import file nya di layar corel muncul layar hijau gitu gan... padahal suaranya ada.. Kan susah mau ngedit kalau layarnya hijau gitu.. Kira2 kenapa yaa? ada yg punya solusinya, mohon pencerahannya..