Thursday, May 29, 2014

MODIFIKASI BAHASA INSTALLER WINDOWS XP MENJADI BAHASA JAWA




Bagi penghobi oprek komputer ,Install windows adalah hal yg biasa di lakukan, mulai dari install karena beli komputer baru atau instal ulang ( inul ) karena berbagai faktor ( umumnya karena sering hang akibat virus ).
Windows XP adalah pilihan favorit bagi pengguna komputer di era 2000 sd 2013, dan ane kira udah familiar sekali bagaimana step by step install windows XP.
Ane ada sedikit kisah yang menginspirasi ane membuat tutorial ini.
Cerita :
Tahun 2007-an ane punya temen yang pengen belajar install, pd saat itu ane ajarin install win XP.. saat proses install inilah temen ane nyeletuk “ … kok boso ne linggis toh kang ? sing indonesia opo ra ono” ( Kok bahasanya inggris toh kang ? yg bahasa indonesia apa gak ada “) temen ane umurnya 35-an thn ,medok bhasa jawa,dan belum paham tentang komputer tp ngebet banget pengen bisa komputer.
Ane jawab “ Yo ra ono toh lek-lek,kui gaweane wong barat dadi bosone yo gae inggris “ ( “ya gak ada lah om-om,itu buatan barat jd bahasnya ya inggris “ ).

“Lah kok angel men toh gae boso inggris, mbok aku golekne sing boso indonesia ae.. nek ora boso jowo sekalian palah penak “ .(“Lah kok susah amat toh pake bhs inggris, mbok ya saya cariin yg bhs indonesia aja..kalo gak bhs jawa sekalian malah gampang”)..
Dari obrolan itu ane jd mikir, kalo install Linux ada yg menyertakan pilihan bhs indonesia, tp kok di windows gak ada ?  ane penasaran juga.. akhirnya ane ubek2 browsing mencari installer win XP bhs indo.. tp gak pernah ketemu . Lalu ane berfikir “ mungkinkah installer windows bisa di rubah bahasanya dan struktur lainnya ?“.ane nyari tutor yg lengkap gak nemu ( ada beberapa teknik yg ane temui spt menggunkan winntbbuED dan nLite, tp kurang powerfull )
Disinilah penasaran ane makin jadi, berbekal sedikit pengetahuan tentang pemrograman .. ane mencoba mengakali file2 installer win XP yang jumlahnya ribuan.. yang ane cari adalah library tentang message table ( string ) yang di tampilkan saat proses instalasi windows berjalan, tool yang ane pake adalah Resource Hacker.. tp sayang tool ini masih banyak kelemahan dalam membaca library dan merubah struktur library file.
Tapi berkat begadang terus tiap malem otak atik akhirnya ketemulah apa yang saya cari … Installer Win Xp dapat ane rubah menjadi bahasa jawa… rasanya lega !!! dan perlu di ketahui bahwa kegiatan ini sebetulnya adalah ilegal.. tp bagi ane ini hanya sbg bahan pelajaran aja dan ane gk pernah membagi-bagi tekhnik ataupun installer hasil modifikasi yang ane buat.
Oke dah, kelamaan ceritanya… kita langsung to de’ point aja ya ..
-          Persiapan awal, Tool yang perlu di siapkan yaitu :
1.       Installer windows XP  dalam bentuk file ISO, jika punya CD Installer jadikan ISO dulu.
2.       DaemonTool, untuk membuat virtual drive tempat menjalankan (mounting ) file ISO
3.       VirtualBox, untuk membuat virtual OS sbg tempat menguji hasil modifikasi
4.       UltraISO, untuk membuat file ISO ( bs jg pake MagicISO atau aplikasi yg sejenis )
5.       ResourceTuner , untuk memodifikasi jeroan file. ( cari di 4shared utk versi full)
6.       Komputer dgn sistem Windows XP atau Win 7
7.       Kesabaran……
Catatan :
-          Tool yang di gunakan ada yg free ada jg yg berbayar, jd silahkan googling utk mencari tool yg berbayar beserta jamu kuat nya , utk tool free tinggal download aja.
-          Ane Cuma kasih teknik inti modifikasinya aja, yaitu teknik di Resource Tuner nya.. utk lainnya spt cara menggunakan  DaemonTool,VirtualBox dan  Ultra ISO ane anggap agan-agan sekalian udh bisa.
-          Lakukan backup utk file installer Windows XP nya terlebih dahulu.
-          Tutorial ini ane buat sekedar sharing aja, ane tdk bertanggung jawab atas segala resiko yg ditimbulkan akibat agan mengikuti tutorial ini.
-          Windows XP telah berakhir masa supportnya di tahun 2014 ini, jadi ane berani bagi-bagi teknik oprek modifikasi ini karena Win XP udah jd anak yatim piatu..
-    Selain menggunakan teknik ini, merubah installer jg bisa pake winntbbuED dan nLite namun teknik ini instan dan tidak selengkap cara manual..

  1.  Jalankan DaemonTool, lalu mount lah file installer win XP nya
Gbr1
  1. Bukalah windows Explorer, dan pilih Drive virtual DVD yang berisi file installer XP, Carilah file yang bernama WINNTBBU.DLL  , file ini di simpan di folder I386 dan SMSS.EXE di simpan di I386/SYSTEM32 , setelah ketemu copy-lah 2 file tersebut. ( buatlah folder khusus utk menyimpan file ini ).
Gbr2


Gbr3
Catatan :
Dalam folder I386 ada 4 buah file WINNT yaitu : ( WINNT32A.DLL dan WINNT32U.DLL ) ,(WINNTBBA.DLL dan WINNTBBU.DLL), sebetulnya 2  file ini berisi data yang sama namun hanya beda proses penggunaannya. File WINNT32A.DLL dan WINNTBBA.DLL akan di pakai saat kita menginstal melalui GUI (graphic user interface) atau upgrade ( install windows XP dari windows yang sedang aktif ), file ini akan di panggil saat kita menggunakan SETUP.EXE dari windows explorer.

Gbr Setup mode GUI

File WINNT32U.DLL dan WINNTBBU.DLL akan di gunakan bila kita menginstall melalui mode Text ( booting melalui CD atau Flashdisk ).
Jadi, anggap saja kita akan modifikasi installer yg akan di gunakan dgn mode text sehingga file yg di modifikasi hanya file SMSS.EXE dan WINNTBBU.DLL ( kalo agan mau modfifikasi total maka silahkan edit ke 4 file tsb ).
  1. Bukalah Program Resource Tuner
Gbr 4a

Drag file SMSS.EXE ke Layar ResourceTuner, atau bisa juga dari menu Open.

Gbr4

Pada panel kiri ada 3 folder yaitu BITMAP, MESSAGE TABLE dan VERSION
BITMAP berisi library image/gambar yang di tampilkan dalam proses instalasi
MESSAGE TABLE berisi link pesan-pesan yang ditampilkan dalam tiap langkah instalasi
VERSION berisi info dari file.
Pilihlah folder MESSAGE TABLE, lalu pilih string 1 ,didalam folder ini banyak sekali bagian-bagian dari message table yang di tandai dengan alamat Block dalam  bentuk angka hexa.

Gbr5

Coba pilih block nomor 00002711h-0000273Dh, lihatlah panel sebelah kanan ber isi string text.
Gbr6

Klik dobel  Block 00002711h-0000273Dh untuk masuk ke menu text mode
Gbr7

Klik pada ID 0x00002711 yg berisi Data F3=Exit%0,
Di bagian panel bawah,Rubahlah teks  F3=Exit%0 menjadi F3=Keluar%0  ( rubahlah teks yg berbahasa inggris menjadi bahasa yang agan sukai, dan jangan merubah/menghapus simbol spt “/” “%” “0” “/n” dan lainnya.. ntar bisa eror susunannya ).
Lanjutkan dengan ID yang lainnya dan rubah teks inggrisnya menjadi bahasa lain sesuka agan.
Stelah cukup merubah banyak teks, klik OK utk menyimpan perubahan.
Oke… dari sini agan sdh bisa memahami bahwa setiap message table berisi block yg di dalamnya berisi string teks dan inilah teks yg di tampilkan saat proses instalasi win XP.
Lalu mana saja teks yang harus dirubah ? jika agan telaten dan sabar… silahkan ganti semua teks inggrisnya… (kalo ane sih gak sanggup gan, buanyaaak beneeeer ) ane pilih teks yg umum aja saat proses instalasi XP berjalan..
Langkah selanjutnya, simpanlah file ( save file as..)  yg sudah di modifikasi dengan nama file sesuai aslinya.
  1. Selanjutnya adalah memodifikasi file WINNTBBU.DLL. caranya sama seperti  langkah no.3
Pada panel kiri ada folder bernama BITMAP, klik folder ini dan pilih no 103.
Pada no 103 berisi wallpaper biru yang biasa tampil saat proses instalasi… nah langkah berikut adalah mengganti wallpaper standar menjadi gambar sesuai keinginan kita.
Gbr8

Klik ganda no 103
Klik icon open pada menu Replacement source ( dibagian bawah ), silahkan pilih gambar yang akan kita masukkan.
Gbr9

//Gambar harus beresolusi 1024x768 px dan berformat .BMP
Kalo sudah klik OK.
Gbr10

  1. Langkah berikutnya masih di step modifikasi file WINNTBBU.DLL, setelah merubah wallpaper selanjutnya merubah String Text yang berbahasa inggris.
Pilih folder String, dan silahkan rubah string no 1 sd 63. Caranya sama dengan langkah no.3
Jagan lupa di Save As..
Gbr11

  1. Oke, kita sudah selesai memodifikasi 2 file yg berisi message table dan string dari proses instalasi win XP. Selanjutnya kita akan memasukkan file hasil modifikasi tsb ke dalam installer win XP.
Silahkan UnMount file ISO yang di mounting lewat DaemonTool, ( lihat langkah 1 ).
Hal ini kita lakukan untuk melepas prosesVirtual Drive dari file ISO agar bisa di buka di program UltraISO.
Buka UltraIso, dan klik Open, lalu pilih file ISO win XP.

Gbr12

Pilihlah folder I386, dan carilah file yang bernama WINNTBBU.DLL, hapuslah file ini.
Gbr13

Selanjutnya hapus juga file SMSS.EXE di folder I386/SYSTEM32
Gbr14

Setelah kedua file terhapus, klik folder I386. Klik Action -> Add Files..
Gbr15

 Pilihlah file WINNTBBU.DLL yang telah kita modifikasi, tunggu beberapa saat sampai file ditambahkan ke folder I386, jika sudah…. cek apakah di folder I386 telah ada file WINNTBBU.DLL yg kita tambahkan tadi.
Selanjutnya Klik Folder SYSTEM32, Tambahkan file SMSS.EXE.. lakukan spt langkah diatas.
Setelah semua selesai, simpanlah … Klik File -> Save As..  berilah nama file ISO nya.
Gbr16

  1. Langkah berikutnya adalah menguji file installer win XP yang telah kita buat ISO..
Bukalah VirtualBox, dan buatlah profil utnuk membuat virtual Windows XP.





Demikian tutorial ini ane sajikan, semoga bisa menambah pengetahuan dan sebagai pembelajaran...
Untuk trik selanjutnya masih ane coba merubah bahasa installer Win 7.
Installer Win 7 berbeda dgn windows generasi sebelumnya, file nya di pack / compress kedalam satu file yang di namakan WIM ( Windows Image ) sehingga perlu proses extract dan compress ulang file yg akan di modifikasi. Besarnya file juga lumayan, dlm kondisi ter compress hanya 3 GB tp setelah di extract bisa menjadi 20 GB yang tentu saja memakan resource CPU cukup besar...

Bagi yang menginginkan sampel file yang sudah ane modifikasi silahkan cantumkan alamat e-mail, ntar ane kirim lewat email aja..  

** Boleh copy paste asal sertakan link sumber blog ini










  



3 comments:

Unknown said...

Mas boleh dikirimin dong sample modifikasi smss.exe nya, soalnya saya edit sendiri enggak berubah, minta pencerahan. Terimakasih

M.FAUZI said...

Irfan> wah... maaf. file modifikasinya smss.exe entah nyelip dimana, soalnya file itu udh lama banget... sekarang sy udh pake win 7.
mungkin setelah di modifikasi blm ke save, atau di file ISO installernya XP belum di ganti

Kang Ipoel said...

MOHON DIKIRIM HASILNYA KE EMAIL musprim2015@gmail.com............untuk belajar...trims...
jika ada modifikasi untuk windows 7....juga....